Gempa Selandia Baru | Earthquake hits Christchurch



Gempa berkekuatan 6,3 skala richter (SR) mengguncang kota terbesar kedua di Selandia Baru, Christchurch, pagi ini. Gempa tersebut membuat sebagian wilayah di kota tersebut porak-poranda. Gempa ini merupakan gempa terbesar kedua kalinya dalam lima bulan terakhir yang menumbangkan bangunan dan orang-orang terperangkap di reruntuhan gedung serta memicu kebakaran.

Seperti dikutip Reuters, Selasa, (22/2/2011), TV lokal menunjukkan mayat yang diambil dari puing-puing yang berserakan di pusat kota. Menurut US Geological Survey, gempa tersebut terjadi pukul 12.51 waktu setempat, Senin (21/2/2011) dengan kedalaman pusat gempa hanya 4 Km. Gempa itu berpusat sekitar 10 Km barat daya Christchucrh, yang telah mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 7,1, pada September lalu.

Selain merusak rumah dan gedung di Selandia Baru, gempa tersebut juga telah memutus jaringan listrik dan air. Selandia Baru adalah wilayah yang berada di antara Samudera Pasifik dan lempeng tektonik Indo-Australia, rata-rata lebih dari 14.000 gempa bumi setahun terjadi di sini, di mana sekitar 20 gempa yang biasanya besarnya di atas 5,0 SR.

Gempa tersebut membuat sebagian wilayah di kota tersebut porak-poranda. Selandia Baru adalah wilayah yang berada di antara Samudera Pasifik dan lempeng tektonik Indo-Australia, rata-rata lebih dari 14.000 gempa bumi setahun terjadi di sini, di mana sekitar 20 gempa yang biasanya besarnya di atas 5,0 SR.

Related Topic (English)

Earthquake hits Christchurch

A strong 6.3-magnitude earthquake has struck the city of Christchurch on New Zealand's South Island, seriously injuring people and damaging buildings throughout the city.

Video footage showed damaged buildings throughout the city centre, with bricks and shattered concrete strewn across the pavement. Hundreds of dazed, screaming and crying residents wandered through the streets as sirens blared throughout the city.

Christchurch Mayor Bob Parker said he was on the top floor of the city council building when the quake hit, throwing him across the room.

"I know of people in our building who are injured and I've had some reports of serious injuries throughout the city."

Radio New Zealand reported that a church near the city centre collapsed. The US Geological Survey said the temblor was centred 3 miles from the city at a depth of 2.5 miles.

Christchurch has been hit by hundreds of aftershocks since a 7.1 magnitude earthquake struck on 4 September last year, causing extensive damage and a handful of injuries, but no deaths.

0 comments:

Posting Komentar